Menindaklanjuti Workshop Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta Penyelarasan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Umum (MKU) berbasis Outcome-Based Education (OBE) yang diselenggarakan oleh Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor pada tanggal 3 Juli 2024, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan (MTP) langsung mengadakan rapat internal pada tanggal 4 Juli 2024 untuk menyusun draft pengembangan kurikulum.
Rapat yang diadakan pada hari berikutnya ini dipimpin oleh Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Si, selaku Ketua Program Studi, dan dihadiri oleh Dr. Rudi Hartono, M.Pd, Sekretaris Program Studi, Dr. Syarifuddin, M.Pd Selaku GKM PRODI serta seluruh anggota tim akademik MTP. Fokus utama rapat ini adalah untuk merumuskan langkah konkret dalam mengintegrasikan konsep-konsep yang didapat dari workshop ke dalam kurikulum MTP.
Prof. Dr. Zainal Abidin mengawali rapat dengan menggarisbawahi pentingnya adaptasi terhadap kurikulum berbasis OBE yang menekankan fleksibilitas dan kemandirian mahasiswa dalam menentukan jalur pembelajaran mereka. “Kurikulum kita harus mampu menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan zaman dengan kompetensi yang relevan dan adaptif,” ujarnya.
Dalam rapat tersebut, tim akademik MTP membahas berbagai aspek penting, termasuk penyelarasan RPS MKU berbasis OBE yang bertujuan untuk memastikan bahwa setiap mata kuliah mampu menghasilkan lulusan dengan capaian pembelajaran yang terukur dan relevan dengan kebutuhan industri. Selain itu, kriteria untuk tugas akhir mahasiswa diidentifikasi sebagai indikator penting dalam evaluasi akhir. Tugas akhir mahasiswa dipayungi oleh Peraturan Mendikbud Ristek (Permendikbud Ristek) Nomor 53 Tahun 2023 Pasal 19, yang menetapkan standar dan harapan yang jelas untuk capaian akademik.
Diskusi dilanjutkan dengan menyusun draft yang mengacu pada KERANGKA DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM yang disepakati oleh APSTPI (Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia). Kerangka dasar ini menjadi panduan utama dalam menyusun kurikulum yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman.
Hasil dari rapat ini adalah penyusunan draft awal yang akan menjadi dasar pengembangan kurikulum MTP ke depan. Draft ini akan terus disempurnakan melalui serangkaian diskusi dan konsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, dan praktisi industri.
Dengan langkah-langkah yang diambil ini, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan UIKA Bogor berkomitmen untuk menghadirkan kurikulum yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan zaman, serta mendukung terciptanya lulusan yang unggul dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional.